Tour Kabupaten Belitung

   
Pantai Tanjung Pendam ialah pantai yang berada di pusat kota Tanjungpandan, BELITUNG. Setiap hari minggu Tempat wisata ini selalu padat dengan pengunjung, baik dari luar Belitung maupun orang Belitung asli. Pantai Tanjung Pendam tak memiliki pasir putih yang landai ataupun pohon kelapa yang melambai.Menjelang senja kita dapat menyaksikan pemandangan yang menakjubkan saat matahari kembali keperaduannya, dimana terlihat sinarnya yang beraneka ragam. dibagian depan pantai ini terdapat pulau Kalamoa.
        Pantai ini sudah dikemas oleh PEMDA setempat sedemikian rupa sehingga menjadi taman tepi pantai yang nyaman bagi warga kota. Panorama paling indah terjadi ketika sang surya turun berlahan ke dalam laut, dengan latar depan sebuah kapal keruk yang terus beroperasi, tanpa terdengar suara, kecuali hingar bingar musik dari kios di ujung kiri pantai ini. Ditambah lagi dengan adanya bangkai perahu kandas dilaut, dengan latar depan pohon-pohon cemara, semua ini memperindah panorama


Museum Tanjung pandan

  Bukit berahu adalah sebuah resort yang terletak di kampung nelayan Desa Tanjung Binga sekitar 18km dari kota Tanjung Pandan. Dari titik tertinggi di restoran Bukit Berahu kita dapat menyaksikan panorama yang menarik ke arah pesisir pantai Tanjung Binga. Anda akan sangat menikmati pemandangan pasir putih yang dihiasi bebatuan granit sambil menyaksikan perahu nelayan yang melintas pada saat matahari tenggelam. Anda harus menuruni kurang lebih 100 anak tangga untuk mencapai pantainya. Tidak jarang banyak wisatawan yang rela letih demi menikmati keindahan pantai ini.


Pantai Tanjung Tinggi berpasir putih halus, dihiasi tebaran ratusan granit raksasa, dengan air laut berwarna biru kehijauan serta berombak tenang karena pantai ini merupakan sebuah teluk kecil sepanjang <+ 100 meter yang diapit oleh 2 semenanjung. Batu-batu granit yang ada di kawasan Tanjung Tinggi dapat berukuran beberapa ratus kubik. Tumpukan batu-batu granit membentuk bukit-bukit di sepanjang pantai serta lorong-lorong maupun gua-gua kecil dan menyekat-nyekat pantai Tanjung Tinggi. Pengunjung Pantai Tanjung Tinggi selain dapat bermain dengan pasir putih yang lembut atau berenang di pantai yang tenang dan bersih, juga dapat melewati lorong-lorong batu batu granit raksasa ini serta memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi serta berpose untuk diabadikan dengan kamera.


Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu pantai terindah di Belitung, pusat rekreasi pantai yang secara periodik di singgahi oleh ratusan perahu yacht dari manca negara dalam event Sail Indonesia. Tempat ini juga merupakan pelabuhan yang digunakan wisatawan untuk melakukan tour island hopping yang paling banyak diminati wisatawan yang datang ke Belitung. Pemandangan paling menarik adalah pulau kecil yang terbentuk dari batu-batu granit besar yang terletak kira-kira 300 meter dari ujung pantai. Bentuk batu mirip kepala seekor burung, itulah yang menjadikan nama tempat ini sebagai Tanjung Kelayang, dimana Kelayang adalah nama salah satu jenis burung. Penduduk sekitar menamakan batu yang berbentuk seperti kepala burung dengan nama yang lebih istimewa yaitu Batu Garuda.
        Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk sekitar 27 Km dari Tanjungpandan ibukota Kabupaten Belitung. Tanjung Kelayang memiliki pesisir sepanjang kurang lebih 1,5 Km dengan lebar pantai ± 7 M pada saat pasang tertinggi dan ± 10 M pada saat pasang terendah. Pantai Tanjung Kelayang meliputi area seluas 60 Hektar. Tanjung Kelayang memiliki karakteristik pantai berpasir putih dan laut biru yang tenang dengan panorama pohon kelapa di sepanjang pesisirnya. Karakter pantai yang sungguh cocok untuk berenang atau berjemur diantara bebatuan granit yang tersusun menakjubkan. Bagi Anda yang hobi fotografi, Tanjung Kelayang adalah tempat yang pas untuk memuaskan hobi anda.


 Danau Kaolin
 Jangan hanya mengenal Belitung dengan pantainya yang berpasir putih dengan batuan granit. Di negeri yang cantik ini terdapat sebuah danau dengan air berwarna biru toska, bernama Danau Kaolin. Kaolin (clay) adalah salah satu kekayaan tambang dari Belitung. Penambangan ini memberi banyak sekali lapangan pekerjaan untuk masyarakat Belitung. Seluruh hasil tambang kaolin dikapalkan ke luar pulau Belitung untuk bahan baku pabrik cat dan kosmetik. Tetapi dampak negatif dari penambangan ini seperti yang anda lihat, adalah kerusakan lingkungan, sama seperti penambangan timah. Kerusakan menjadi lebih parah ketika kegiatan tambang ini juga mengotori aliran sungai-sungai besar di Belitung


 Pulau Lengkuas adalah salah satu primadona pariwisata di Pulau Belitung. Datang ke Pulau Lengkuas adalah agenda wajib yang tak boleh dilewatkan saat traveling ke Pulau Belitung. Lengkuas adalah pulau kecil, terletak di arah Utara desa Tanjung Binga. Luas totalnya kurang dari satu hektar. Di seputar pulau ada banyak pulau batu-batu granit yang bisa dicapai hanya dengan berjalan kaki melintasi laut yang dangkal dengan kedalaman kurang dari 1.2m. Struktur batu-batu granitnya juga unik dan berbeda dengan tempat-tempat lain dengan kombinasi pantai yang berpasir putih dan pepohonan. Air lautnya benar-benar jernih, anda bisa dengan jelas melihat ke dasar laut termasuk ikan-ikan yang berenang didalamnya. Ini adalah tempat yang menyenangkan untuk bermain di air laut atau snorkeling.
             Daya tarik utama di pulau ini adalah sebuah mercusuar tua yang dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada tahun 1882.,  Kami tidak memiliki informasi tentang tinggi dari bagunan ini, perkiraan kami kurang lebih sama dengan bangunan 12 lantai. Kurang lebih 50m. Setiap pengunjung bisa dengan bebas naik menuju puncak mercusuar. Ini akan sedikit sulit karena memerlukan tenaga ekstra, tapi jangan khawatir tindakan anda tidak akan sia-sia. Pemandangan dari puncak mercusuar Lengkuas begitu indah untuk hanya diceritakan. Benar-benar indah, 360 derajat keliling pulau dan sekitarnya. Jika anda naik kesana, jangan lupa membawa kamera, biarkan karya foto anda menceritakan keindahannya.


Pulau Pasir adalah objek wisata Belitung dan merupakan satu dari sekian banyak pulau kecil di sektar perairan pulau Belitung. Pulau Pasir sebenarnya bukanlah sebuah pulau. Tempat ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Yang menarik dari tempat ini adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Pada saat air laut pasang hampir seluruh daratan tenggelam di bawah laut. Pulau ini tidak luas, hanya terdiri kurang lebih setengah lapangan bola. Tidak ada benda lain di pulau ini selain tumpukan pasir putih yang halus, khas Belitung. Pemandangan di sekitarnya sangat indah karena lokasi pulau ini terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan satu sama lain.
      Di pulau pasir ini selain bisa bermain-main dengan pasir putih yang lembut, pengunjung bisa berfoto bersama dengan bintang laut yang banyak terdapat diperairan sekitar pulau ini.Bintang laut adalah binatang spesial penghuni pulau pasir. Bintang Laut ini tidak menggigit ataupun mengeluarkan racun sehingga tidak membahayakan pengunjung yang ingin berfoto sambil memegangi makhluk cantik ini.

Pulau batu berlayar
adalah salah satu tujuan Island Hopping Tour di Belitung. Pulau Batu Berlayar (Sailing Rock) adalah sebuah formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk ibarat layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Formasi itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu Berlayar. Pulau ini terletak tidak jauh dari daratan utama pulau Belitung, masih berada di area pantai Tanjung Kelayang di sisi pantai sebelah Barat. Laut di sekitar pulau sangat indah dan dangkal, dengan air laut jernih dan banyak juga terdapat terumbu karang. Tetap HATI-HATI, kadangkala ada banyak Bulu Babi (Sea Urchin) sejenis binatang laut berduri seperti landak dengan duri-duri yang tajam setajam jarum. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau ini.

 Pulau Burung  adalah salah satu tempat wisata terindah di Belitung. Pulau Burong (pulau Burung), terletak di pantai Utara Belitung di lepas pantai desa nelayan Tanjung Binga Luas pulau kurang lebih 2 hektar, dikelilingi pasir putih dan bebatuan granit yang tersebar di pantai dan laut di sekitar pulau. Sebuah pulau yang layak untuk dijadikan tempat berlama-lama menikmati tenangnya suasana pantai yang jauh dari kebisingan. Yang unik dari pulau Burong adalah tumpukan batu granit besar disisi pantai yang berbentuk unik menyerupai kepala burung.
         Menurut masyarakat setempat, nama pulau Burong diambil dari batu tersebut. Burong adalah bahasa Belitung untuk Burung. Batu berbentuk burong ini menjadi salah satu icon keindahan batu-batu granit di Belitung. Ukuran batu kurang lebih setara dengan bagunan 3 lantai dengan formasi unik. Sepertinya batu ini sempat terbelah dan ada sebagian yang terlihat miring mungkin karena abrasi pantai. Jika anda ke Belitung jangan melewatkan mampir ke pulau Burong untuk berfoto dengan latar belakang batu Burong ini. Hampir setiap pengunjung menyempatkan diri untuk befoto dengan latar belakang batu Burong yang unik ini.


Pages